Kebun Al-Qur’an Jalankan Bisnis Pertanian dan Peternakan yang Rahmatan Lil Alamin

2962
Penulis: Iin Setiya Budi
Editor: Bobby Afif
Ilustrasi: depoktik.co.id

DEPOKTIK. Menjalankan sebuah usaha berdasarkan ajaran Islam yang bersumber dari kitab suci Al-Qur’an membuat Hamka dan teman-temannya membuat sebuah konsep bisnis yang diberi nama Kebun Al-Qur’an.

“Kalau untuk kebun Al-Qur’an sendiri itu semacam perkebunan dan peternakan yang kita mengambil konsepnya itu dari Al-Qur’an,” ujar Hamka kepada DEPOKTIK.co.id saat dijumpai di kantor Kebun Al-Qur’an, Jl. H. Juanda No. 43, Sukmajaya, Depok, Senin (20/3/2017).

Ide awal pembangunan Kebun Al-Qur’an ini sendiri, kata Hamka, sudah tercetus sejak lama, namun baru dapat terealisasikan dalam lima tahun terakhir.

Selain menjalankan budidaya tanaman di Depok, Kebun Al-Qur’an juga memiliki peternakan dan perkebunan di daerah Jonggol.

Tanaman Sorgum, salah satu yang dibudidayakan di Kebun Al-Qur’an. (Foto: Iin Setiya Budi/DEPOKTIK.co.id).

Bukan hanya bergerak di argo bisnis, Hamka juga menjalankan kegiatan sosial di bidang pendidikan dengan mendirikan sebuah pesantren peternakan gratis di Jonggol.

Model pesantren peternakan dipilih Hamka dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat , terutama anak-anak, yang ingin belajar beternak.

“Kita memang ingin meningkatkan ekonomi, tetapi selain dari itu kita juga ingin sedikit membantu mungkin masyarakat. Jadi kita juga membuat sebuah pesantren peternakan di dekat peternakan kita di Jonggol,” ujarnya.

Komentar Anda