Arahkan Anak Menggunakan Internet Dengan Baik

148
Penulis: Dew
Editor:

Depoktik – Internet merupakan sumber permainan, informasi dan pengetahuan yang mengasikkan untuk anak. Tapi jika tanpa arahan, internet juga bisa menjadi bahaya yang mengancam bagi anak, seperti cyberbullying (penindasan melalui internet), melihat hal yang belum pantas dilihat oleh anak, dan bahaya dari pengguna internet lain yang mencari mangsa anak-anak. Dalam hal ini diperlukan upaya orangtua untuk mengawasi penggunaan internet pada anak.

Orang tua yang baik memiliki kewajiban mendidik anak, termasuk menjaga anak dari dampak negatif internet. Salah satunya dengan mengetahui adanya parental control yang dapat menjaga penggunaan internet pada anak, agar tidak sampai membuka konten negatif.

“Misalnya commensensemedia.org, norton family, ataupun kakatu yang apabila dipasang dalam PC atau smartphone bisa secara otomatis memfilter tampilan yang tidak seharusnya dilihat oleh anak,” terang Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Rahmat Maulana, usai mengisi materi dalam Sosialisasi Penanggulangan Dampak Internet di Kecamatan Sawangan, Rabu (18/10/2017).

Rahmat menambahkan, pada umumnya banyak orang tua yang tidak tahu sama sekali fungsi parental control. Serta kemungkinan tidak tahu pula kalau parental control itu dapat melindungi keamanan anak dalam berselancar di dunia maya.

“Memang parental control tidak bisa menggantikan peran orang tua, namun sedikit banyak dapat membantu orang tua dalam menangkal materi negatif dan dapat mengontrol aktivitas anak berinternet,” paparnya.

Untuk membekali anak dalam memanfaatkan internet secara baik, imbuhnya, orang tua dapat mengenalkan asyiknya berinternet sehat pada anak. Selain itu, orang tua juga hendaknya membangun kebiasaan saling bercerita dengan anak, menggunakan waktu penggunaan internet yang proporsional. Atau pun juga, katanya, orang tua harus mengajarkan 3 aturan dasar berinternet.

“Tiga aturan itu yakni think before posting, wise while online, never talk and meet with stranger, serta respect others, report any bully. Kita memang tidak bisa melarang anak untuk sama sekali tidak boleh menggunakan internet, tapi kita bisa memberikan rambu-rambu tersebut pada anak kita tercinta,” tandasnya.

Komentar Anda