8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Secara Mandiri Windows 7, 8, 10

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Depoktik.co.id – Cara Mengatasi Laptop Lemot dapat kalian lakukan dsecara mandiri tanpa harus membawanya ke tukang service. Pasalnya, untuk mengatasi laptop lemot ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu penyebab utama yang menyebabkan kinerja laptop menjadi berkurang.

Selain itu, tidak hanya berlaku untuk perangkat PC saja. Laptop juga tidak terlepas dari beragam masalah didalamnya. Dan salah satunya adalah laptop yang menjadi lemot setelah lama di gunakan.

Mungkin sebagian dari kalian juga pernah mengalami laptop terbaru namun terasa lemot dan berat ketika digunakan. Semua bisa kalian selesaikan dengan langkah-langkah yang akan kami berikan dibawah ini.

Dan kami akan berikan tentang bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk bisa kalian ikuti. Jadi, silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Dan sebelum mengetahui bagaimana langkah untuk mengatasi laptop lemot ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab umum yang menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun. Dan untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan berikut ini.

  • Banyaknya startup programs atau software yang ada didalam background, dan hal ini membuat kinerja laptop menjadi berat
  • Usia harddisk yang sudah terlalu lama menyebabkan laptop lemot
  • Harddisk yang penuh karena kebanyakan data dan sebagainya
  • Kapasitas RAM yang kecil yakni 2-4 GB membuat laptop menjadi lemot
  • Menjalankan banyak sekali software pada satu waktu dan membuat beban kinerja RAM sehingga sulit untuk di jalankan
  • Banyaknya add-ons di browser, contoh nya Internet Download Manager, AdBlocker dan sebagainya
  • Banyak sekali tab yang terbuka pada web browser dan akan menguras RAM laptop terlebih jika situs tersebut menyediakan fitur auto refresh
  • Terkena virus menyebabkan kinerja laptop menjadi turun
  • Antivirus yang terlalu aktif pada background membuat kinerja harddisk menjadi lambat
  • Tidak mengupdate sistem operasi seperti windows dan MacOS

Baca Juga: 10 Software / Aplikasi Menggambar Terbaik Di Laptop Atau PC Untuk Pemula

Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk Windows 7, 8, 10

Setelah menyimak beberapa penyebab laptop menjadi lemot, kalian bisa mengatasinya dengan mudah dan praktis. Berikut ini kami akan berikan tutorial Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk Windows 7, 8, 10 untuk bisa kalian coba sekarang juga. Dan silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Mengganti Harddisk (HDD) dengan SSD

Jika masalahnya dari harddisk, kalian bisa mencoba untuk defrag dan kembalikan performanya. Dan jika cara ini masih kurang ampuh, kalian bisa mengganti Harddisk yang lebih baru atau dengan menggunakan SSD.

Perlu kalian ketahui jika HDD dan SSD memiliki perbedaan pada performanya, dan membuat proses booting jauh lebih cepat. Dan kami sarankan kepada kalian untuk menggunakan SSD yang hanya bisa memuat OS saja. Hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil dan harga nya cukup mahal.

2. Melakukan Upgrade Kapasitas RAM

Jika kalian mengupgrade Harddisk, maka bisa mencobanya pada laptop windows 10 yang lemot dan mencoba untuk menambahkan kapasitas RAM pada laptop tersebut. Biasanya, pihak pabrik laptop ini akan memberikan kapasitas RAM mulai dari 2-4 GB.

Namun, untuk menjalankan beberapa software di era sekarang memerlukan RAM 8 GB. Oleh karena itu, kalian bisa mencobanya untuk menambahkan RAM di slot yang tersedia. Dan jangan lupa untuk pastikan tipe RAM, kapasitas serta speed yang diberikan terlebih dahulu.

3. Melakukan Perawatan Hardware Secara Rutin

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan Melakukan Perawatan Hardware Secara Rutin agar performanya tetap stabil. Namun, banyak sekali kalangan pengguna laptop yang masih tidak memperdulikan masalah ini.

Jangan lupa untuk membersihkan sampah laptop lainnya, dan pastikan untuk Melakukan Perawatan Hardware pada perangkat laptop yang digunakan minimal 1 tahun sekali. Dan untuk cara membersihkannya sendiri dimulai dari kipas, motherboard, dan sebagainya.

4. Menggunakan Aksesori Pendukung Laptop

Untuk mengatasi lemot di laptop, kalian bisa menggunakan beberapa aksesoris pendukung. Misalnya, jika disebabkan karena overheat maka bisa menambahkan cooling pad atau kipas untuk menstabilkan kinerja laptop.

Kalian juga bisa menggunakan vacuum cooler yang mampu menyedot udara panas yang keluar dan masih memiliki kegunaan yang sama, yakni menjaga suhu agar tetap cool. Dengan begitu, performa laptop akan kembali seperti semula dan kalian bisa internetan sepuasnya.

5. Melakukan Full Scan dengan Software Antivirus

Virus juga termasuk salah satu penyebab kinerja laptop menjadi berkurang, dan untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan beberapa software antivirus terbaik. Pasalnya, banyak sekali jenis antivirus yang bisa digunakan untuk mengembalikan performa laptop.

Kami sarankan juga untuk melakukan full scan 1 minggu sekali. Dan pentingnya untuk mematikan fitur automatic scan agar virus tidak bisa berjalan pada background yang menyebabkan laptop menjadi lemot.

6. Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Kebanyakan dari pengguna laptop sendiri lupa bahwa Ia kerap mengunduh beberapa software yang tidak diperlukan. Dan hal ini yang menyebabkan laptop menjadi lemot sehingga sulit digunakan.

Maka dari itu, kalian bisa menghapus beberapa software yang tidak digunakan. Kalian bisa masuk ke pengaturan atau memanfaatkan beberapa software uninstaller misalnya CCleaner dan sebagainya.

7. Pakai Software Versi Lama Atau Versi Lite

Sebagian pengguna mungkin merasa gengsi dengan menggunakan software lama. Perlu diketahui dengan Software Versi Lama Atau Versi Lite sendiri membuat laptop yang kalian miliki sangat lancar ketika digunakan.

Maka dari itu, kalian dapat mencopot pemasangan software versi lama dan biasanya memiliki fitur esensial dan berbeda dengan versi terbaru. Contohnya dengan menggunakan  Adobe Photoshop CS2, Microsoft Office 2013, dan sebagainya.

8. Membersihkan Sampah Laptop

Dan menghapus sampah pada laptop sendiri akan mengembalikan performa laptop tersebut jauh lebih stabil lagi. Maka dari itu kalian bisa menghapusnya dengan mudah dan silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Ketik run pada menu search di Windows
  2. Buka program run tersebut atau bisa tekan tombol Windows + R
  3. Kemudian, masukkan perintah %temp% pada program tersebut
  4. Tekan Enter
  5. Silahkan hapus smeua temporary files yang ada di perangkat masing-masing
  6. Selesai

Jadi kalian bisa menghapus semua file tersebut untuk mengembalikan kinerja laptop yang digunakan. Cara ini tergolong efektif dan banyak digunakan oleh kalangan pengguna laptop.

Baca Juga: Rekomendasi 20 Laptop Gaming Murah Terbaik 2021 Harga Dibawah 20 Jutaan

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk bisa kalian coba, kalian bisa menerapkan salah satu cara terbaik untuk bisa mengembalikan performa laptop yang digunakan. Dan semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!